Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Paradox

Pengertian paradox

Pengertian paradox

KOMPAS.com - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, paradoks adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebnaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dalam ilmu sastra, paradoks masuk dalam ketidaklangsungan ekspresi berwujud penyimpangan arti.

Apa itu contoh paradoks?

Contoh Paradoks yang Terkenal di Dunia Pertanyaan di atas mungkin terdengar sederhana, yaitu sang kakek akan mati. Tetapi kenyataan tidak demikian, sebab jika Anda membunuh sang kakek, otomatis orang tua Anda tidak akan pernah lahir ke dunia. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa Anda juga tidak akan lahir di dunia.

Apa itu berpikir paradoks?

Paradoks adalah prinsip kontradiksi untuk menerima sebuah gagasan atau ide atau opini. Paradoks membuat kita berpikir akan suatu hal di luar kebiasaan umum atau di luar pandangan umum yang berlaku. Paradoks adalah gaya bahasa yang mengandung pertentangan yang nyata dengan fakta-fakta yang ada.

Apa yang dimaksud dengan majas paradoks dan berikan contohnya?

Ciri khas dari majas paradoks adalah: Dalam satu kalimat ada dua hal yang bertentangan, contoh “merasa kesepian didalam keramaian kota“. Dua kata yang bercetak tebal yaitu “kesepian” dan “keramaian” adalah dua hal yang saling bertentangan. Keramaian merujuk pada keberadaan banyak orang di satu tempat.

Apa sinonim dari kata paradoks?

Kesimpulan. Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata paradoks adalah pertentangan, antagonisme, bentrokan, friksi, konflik.

Paradoks termasuk majas apa?

Mengutip buku Top No. 1 SKL UN SMA IPA 2017 oleh Tim Guru Indonesia (2016), majas paradoks adalah majas yang mengutarakan opini yang sifatnya bertentangan. Paradoks juga dapat dimaknai sebagai pernyataan yang seakan berlawanan dengan kebenaran atau pendapat umum, namun faktnya mengandung kebenaran.

Apa itu utopia paradoks?

Di masa depan manusia telah berhasil menulis ulang takdir mereka. Apa yang kemudian terjadi? Mereka kehilangan harapan, kekosongan, tanpa proses, tanpa nilai, tanpa kejutan, nirmakna, dan tenggelam dalam samudra kenikmatan hampa. Manusia telah menemukan surganya tanpa proses kematian, inilah paradoks utopia.

Apa lawan kata dari paradoksal?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, antonim kata paradoksal adalah bersepakat, berdamai, bersesuaian, serasi, konsisten. Antonim adalah kata yang berlawanan makna dengan kata lain.

Apa fungsi Paradox?

Paradoks dijadikan sebuah media untuk menyampaikan pernyataan retorik yang menyiratkan pertentangan tetapi sesungguhnya berisi kebenaran. Paradoks bisa menarik perhatian pembaca karena mereka harus menelaah proposisi bertentangan yang eksplisit atau implisit. Paradoks dapat merangkum imajininasi, realitas dan polemik.

Apa itu distopia dan utopia?

Singkatnya, utopia dapat dikatakan sebagai sebutan tentang sebuah tempat, negara, atau kondisi yang ideal sempurna dalam hal politik, hukum, adat istiadat, dan kondisi. Sebaliknya, distopia diciptakan sebagai antonim atau lawan kata dari utopia yang merujuk pada situasi “membayangkan situasi yang buruk”.

Apa itu dunia distopia?

Distopia (dari kata Yunani δυσ- dan τόπος, alternatifnya cacotopia, kakotopia, atau anti-utopia) merupakan suatu komunitas atau masyarakat yang tidak didambakan atau terkesan menakutkan.

Apa itu pemikiran utopis?

Para pemikir Utopis berusaha mencari solusi untuk problem-problem sosial yang ada dalam benak manusia, padahal solusi ini masih tersembunyi dalam kondisi ekonomi yang belum berkembang. Masyarakat hanya menyajikan kesalahan-kesalahan saja; untuk menyingkirkan kesalahan-kesalahan ini adalah tugas nalar.

Apa arti dari kata antipati?

Antipati atau pratirasa adalah rasa ketidaksukaan untuk sesuatu atau seseorang, kebalikan dari simpati. Antipati dapat dirangsang oleh pengalaman sebelumnya, kadang-kadang timbul tanpa adanya penjelasan sebab-akibat yang rasional untuk individu yang terlibat.

Apa lawan kata dari skeptis?

Lawan kata dari skeptis adalah yakin.

Apa sinonim dari kata friksi?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata friksi adalah pertentangan, antagonisme, bentrokan, konflik, perselisihan.

Apa itu kota utopia?

Itu artinya kota utopia adalah kota yang dibayangkan para warganya hidup dalam kedamaian, kecukupan, ketenangan, dan kesejahteraan (well being).

Apa itu kaum sosialis?

Sosialisme adalah serangkaian sistem ekonomi dan sosial yang ditandai dengan kepemilikan sosial atas alat-alat produksi dan manajemen mandiri pekerja, serta teori-teori dan gerakan politik yang terkait dengannya.

Siapa pencetus paham sosialisme?

Manifesto komunis yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels pada 1848 tepat sebelum Revolusi 1848 menyapu Eropa, mengemukakan apa yang mereka beri istilah 'sosialisme ilmiah'.

Apakah Indonesia menganut paham sosialis?

Indonesia tidak menganut ideologi ekonomi Sosialisme atau Kapitalisme. Tetapi pemerintah Indonesia mengusahakan agar bagaimana rakyat sejahtera, kedaulatan internal terjaga dengan sistem ekonomi yang tidak mencederai jiwa Pancasila. Adil dan makmur sesuai UUD 1945.

Apa lawan kata dari Ibu?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, antonim kata ibu adalah laki-laki, papa, bapak, ayahanda, aba.

10 Pengertian paradox Images

no reposte  dont repost Arte Punk Art Pop Paradox Taekook Book

no reposte dont repost Arte Punk Art Pop Paradox Taekook Book

Paradox Paradox

Paradox Paradox

RADIO 6   11

RADIO 6 11

   Pedro Martins   Childrens Book

Pedro Martins Childrens Book

junji ito black paradox taburou icon Arte Grunge Japanese Horror

junji ito black paradox taburou icon Arte Grunge Japanese Horror

Extreme Sports Video Sports Video Game Mighty Action X Kamen Rider

Extreme Sports Video Sports Video Game Mighty Action X Kamen Rider

10 Gifts for the Psychology Student in Your Life  Psychology today

10 Gifts for the Psychology Student in Your Life Psychology today

Pinterest

Pinterest

Paradox Space tag on tumblr  Homestuck Homestuck comic Fandomstuck

Paradox Space tag on tumblr Homestuck Homestuck comic Fandomstuck

Post a Comment for "Pengertian Paradox"