Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pkn Kelas 12 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Nkri

Materi pkn kelas 12 pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri

Materi pkn kelas 12 pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri

Kemajuan iptek, menjadikan nilai-nilai seperti keterbukaan, kebebasan dan demokrasi berpengaruh kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia. Dengan adanya keterbukaan, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Bagaimana pengaruh perkembangan iptek?

Dampak IPTEK Mempercepat dan memudahkan proses informasi dan distribusi di bidang ekonomi. Dapat meningkatkan produksi. Memberikan manfaat dan kemudahan untuk manusia. Menambah ilmu pengetahuan.

Apa itu iptek dalam PKN?

ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi. 2. Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan.

Apa pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI brainly?

Jawaban: Pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI adalah berpotensi mendorong penanaman modal asing, meningkatkan kemakmuran rakyat, meningkatkan kesempatan dan devisa kerja serta dan makin terbukanya pasar internasional untuk produksi di dalam negeri.

Apa saja contoh dari IPTEK?

Contoh perkembangan Iptek

  1. Adanya ponsel. Dahulu, masyarakat hanya menggunakan telepon rumah sebagai alat komunikasi.
  2. Keberadaan satelit. ...
  3. Perangkat komputer dan internet. ...
  4. 4. Transportasi.

Bagaimana dampak negatif perkembangan IPTEK terhadap keutuhan NKRI?

Dampak negatif iptek bagi negara indonesia yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju menyebabkan budaya luar masuk ke indonesia sehingga dapat mengakibatkan budaya asli indonesia lama kelamaan tergerus dan semakin hilang, kemudian banyak kejahatan yang terjadi mengunakan teknologi yang semakin mudah diakses dan

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan IPTEK di Indonesia?

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kemajuan iptek: Budaya yang kompetitif hidup di masyarakat. Senantiasa menggunakan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas disegala aspek kehidupan. Dukungan penuh dari penguasa yang berupa fasilitas, dana dlsb.

Apa tujuan utama dari perkembangan IPTEK?

Pada hakekatnya, tujuan dari pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa (UU No 18/ 2002).

Apa dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi?

Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.

Apa saja manfaat dari IPTEK?

Mempermudah komunikasi. Mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Waktu yang digunakan lebih efisien dalam mendapat informasi, informasi yang diperoleh juga akurat. Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.

Bagaimana IPTEK memiliki manfaat bagi bangsa Indonesia?

Manfaat IPTEK Secara Umum - Mempermudah komunikasi. - Waktu yang digunakan lebih efisien. - Mempermudah pekerjaan manusia. - Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.

Apa pentingnya IPTEK terhadap negara Kesatuan Republik Indonesia jelaskan?

Kemajuan IPTEK membuat nilai-nilai seperti kebebasan demokrasi dan keterbukaan berpengaruh terhadap kemajuan pikiran dan partisipasi bangsa Indonesia. Nilai-nilai ini akan menjadi alat kontrol yang baik bagi keberlangsungan pemerintah yang bersih, jujur, adil, dan mampu menerima aspirasi dari masyarakat secara baik.

Apa dampak positif dan negatif perkembangan IPTEK di era globalisasi?

dampak positif globalisasi antara lain, berkembangnya pengetahuan dan teknologi, mempertinggi pandangan hidup kerja, sampai arus ekonomi yg semakin tinggi. Sedangkan dampak negatif globalisasi merupakan terjadinya kesenjangan sosial, hingga pola hayati konsumtif, tentu menjadi faktor yang merugikan.

Sebutkan apa sajakah pengaruh positif IPTEK bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam bidang hukum pertahanan dan kemanan?

D. Pengaruh Positif Iptek Pada Aspek Hukum, Pertahanan, dan Keamanan

  • Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak asasi manusia.
  • Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.

Apa saja dampak negatif dari perkembangan IPTEK?

Anak kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online, 3) Adanya pelanggaran hak cipta, 4). Kejahatan di internet, 5). Penyebaran virus komputer, dan 6). Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan.

Apakah pengertian tujuan dan manfaat IPTEK?

IPTEK bisa pula diartikan sebagai ilmu yang mempelajari berbagai informasi dan pengetahuan tentang berbagai teknologi. Tujuan dari adanya IPTEK adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan manusia serta membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam kegiatan sehari-hari.

Bagaimanakah strategi menghadapi perkembangan IPTEK di Indonesia?

Terbuka, mendukung, dan mengikuti perkembangan IPTEK. Menolak IPTEK yang memberikan pengaruh buruk pada HAM dan menyalahi dasar negara. Membiasakan berperilaku baik dan tolong-menolong pada sesama. Belajar dengan giat agar tidak tertinggal dengan perkembangan IPTEK.

Pada era tahun berapakah IPTEK mulai berkembang di Indonesia?

Awal mula perkembangan IPTEK di Indonesia terjadi setelah Belanda memperkenalkan persenjataan modern, alat transportasi, dan kendaraan tempur kepada rakyat pribumi. Perkembangan IPTEK di Indonesia sebelum abad ke-20 tentunya masih berdasarkan kebutuhan sehari-hari dan dipengaruhi oleh kolonial Belanda.

Mengapa dikatakan kemajuan IPTEK sebagai sebuah ancaman bagi bangsa dan negara?

Jawaban: Alasan kemajuan iptek dikatakan sebagai sebuah ancaman adalah sebagai berikut. Kemajuan IPTEK memampukan manusia untuk menyebarkan informasi dan melakukan tindakan tanpa mengenal batas fisik antarnegara, bahkan tidak perlu bertatapan langsung.

Bagaimana kemajuan IPTEK dapat mempengaruhi positif terhadap seseorang?

Dampak positif dari adanya IPTEK yaitu, memberikan berbagai kemudahan, memperluas mudahnya akses terhadap berbagai informasi hingga memperluas wawasan serta pengetahuan.

12 Materi pkn kelas 12 pengaruh kemajuan iptek terhadap nkri Images

Pin di bankrpp

Pin di bankrpp

UAS Ujian Akhir Semester Tema 5 Semester Genap SD Sekolah Dasar

UAS Ujian Akhir Semester Tema 5 Semester Genap SD Sekolah Dasar

Pin on rpp prakarya

Pin on rpp prakarya

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN UAS  PAS MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN UAS PAS MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1

amppinterest in action  Letter template word Christmas party

amppinterest in action Letter template word Christmas party

Post a Comment for "Materi Pkn Kelas 12 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Nkri"