Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Garis Pantai Indonesia Sangat Panjang

Jawaban: Karena negara indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lautan lebih luas daripada daratan dan memiliki jumlah pulau lebih dari 17 ribu. Jadi tidak heran kalau indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Apakah Indonesia memiliki garis pantai yang panjang?

Negara kita Indonesia juga merupakan negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang 95.181 kilometer. Tiap pantai di Indonesia punya tipe dan karakteristik garis pantai berbeda karena dipengaruhi oleh faktor alam dan campur tangan manusia.

Apa fungsi garis pantai di Indonesia?

Garis pantai alami menggabungkan tanaman dan unsur-unsur alami yang lain untuk menciptakan “interaksi” antara daratan dan lautan. Hasilnya, daratan akan terlindungi dari kenaikan air laut. Jika ekosistem terjaga, tanaman di sepanjang pantai akan terus tumbuh, melindungi daratan dari abrasi.

Negara manakah yang punya garis pantai terpanjang di dunia?

Menurut data World Atlas, Kanada menjadi negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia mencapai 202.080 km. Garis pantai di Kanada terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samudra Atlantik, serta bagian utara Samudra Arktik.

Apa garis pantai Indonesia?

Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia yaitu sepanjang 95.181 km dengan luas perairan laut mencapai 5,8 juta kilometer persegi, yang merupakan 71%…

Apa yang dimaksud dengan garis pantai?

Garis pantai adalah garis batas pertemuan antara daratan dan lautan. Daratan pantai, addalah daerah ditepi laut yang masih dipengaruhi oleh aktivitas marine.

Pantai apa yang paling panjang di Indonesia?

Pantai Panjang merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia. Dengan panjang garis pantai sekitar 7 km dan jarak antara garis pasang dan surutnya sekitar 500 m. Hal ini dikarenakan Pantai Panjang ini sedikit memiliki karang, sehingga ketika terjadi air pasang jangkauan air lautnya sangat jauh.

Apa nama negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki garis pantai?

Sekitar 67% dari total penduduk Laos percaya pada Buddhisme Theravada. Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak mempunyai akses ke lautan dunia karena tidak memiliki garis pantai atau laut dan terkurung dengan daratan.

Mengapa bentuk pantai di Indonesia tidak sama?

Perbedaan bentuk pantai dipengaruhi oleh pasang surut air laut yang kerap terjadi, Kids. Ini karena, pasang surut air laur bisa mempengaruhi pada tingkat efek erosi atau pengikisan.

Berapa panjang laut Indonesia?

Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 95.181 km dan merupakan garis pantai terpanjang kedua di dunia, dengan luas perairan laut mencapai 5,8 juta kilometer persegi, yang merupakan 71% dari keseluruhan wilayah Indonesia.

Mengapa tempat tinggal penduduk daerah pantai dibangun dengan mengikuti garis pantai jelaskan?

Daerah pantai pada umumnya merupakan pemukiman penduduk yang bermata pencaharian nelayan. Pada daerah ini pemukiman terbentuk memanjang mengikuti garis pantai. Hal itu untuk memudahkan penduduk dalam melakukan kegiatan ekonomi yaitu mencari ikan ke laut.

Negara manakah yang tidak memiliki pantai?

Dikelilingi oleh daratan, wilayah Laos disebut sebagai "The Land Locked Country". Oleh sebab itu Laos tidak memiliki batas laut apa lagi pantai, waduh, pasti warga di sana pengen banget liat pantai seperti Eren tokoh karakter di serial anime Attack on Titans yang sangat ingin melihat pantai.

Mengapa jumlah pulau yang ada di Indonesia selalu berbeda jumlahnya?

jumlah pulau di indonesia selalu berbeda. Hal ini dapat terjadi akrena: Ada pulau baru yang terbentuk akibat kenaikan daratan. Ada pulau yang hilang akibat penurunan daratan.

Berapakah panjang garis pantai Indonesia dan Kanada?

Selain menjadi negara dengan pulau terbanyak, Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia (setelah Kanada), dengan panjang 99.093 kilometer, telah bertambah dari sebelumnya sekitar 91.000 kilometer.

Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah negara Kanada berapakah kira kira panjang garis pantai yang dimiliki oleh negara Indonesia?

Indonesia. Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia. Totalnya mencapai 95.181 kilometer. Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia.

Apa saja faktor yang mempengaruhi bentuk pantai?

Ada empat faktor yang memengaruhi perbedaan bentuk pantai, yakni pasang surut air laut, keadaan topografi dan geologi, arus laut, serta erosi.

Bagaimana proses terbentuknya pantai?

Pantai biasanya terbentuk di daerah dekat dengan terjadinya sedimentasi, misalnya pada dasar tebing pantai atau di dekat muara sungai. Endapan sedimen yang hanyut menuju pantai oleh arus dan gelombang menggantikan material- material yang ada ataupun hanyut menuju perairan yang lebih dalam terbawa sepanjang pantai.

Sebutkan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan pantai?

Kesimpulannya, ada empat faktor utama yang memengaruhi perbedaan bentuk pantai, yakni pasang surut air laut, keadaan topografi dan geologi wilayah pesisir, arus laut, serta erosi.

Pantai pasir putih di mana?

Pantai pasir putih Situbondo terletak di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Masyarakat Jawa timur banyak mengenal Situbondo dari pantai Pasir Putih, suatu tempat rekreasi pantai yang berjarak kurang lebih 23 km di sebelah barat Situbondo.

Pantai Sepanjang di mana?

Lokasi Pantai Sepanjang Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini berada tak jauh dari Pantai Kukup. Jaraknya pun sekitar 60 kilometer saja dari Yogyakarta dengan waktu tempuh tak sampai 2 jam.

Post a Comment for "Mengapa Garis Pantai Indonesia Sangat Panjang"