Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Dasar Pengenaan Pajak Ppn

Cara menghitung dasar pengenaan pajak ppn

Cara menghitung dasar pengenaan pajak ppn

Untuk menghitung PPN, kita harus menggunakan rumus yakni: tarif PPN x Dasar Pengenaan Pajak (DPP) atau 10% x DPP. Agar lebih mudah memahami penggunaan tarif tersebut, mari kita lihat bersama contoh kasus di bawah ini: Contoh: Eka merupakan PKP yang menjual BKP pada PT. Indah dengan harga Rp20.000.000.

Bagaimana cara hitung PPN 11 %?

Contoh lain rumus cara menghitung PPN 11 persen adalah, jika ada seseorang mengimpor barang kena pajak yang dikenai tarif 11 persen dengan nilai impor Rp 30.000.000. Pajak pertambahan nilai yang dipungut lewat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bisa dihitung dengan cara =11 persen x Rp 30.000.000 = Rp 3.300.000.

Apa yang dimaksud Dasar Pengenaan Pajak PPN?

Pada umumnya, DPP PPN adalah sebagai harga yang dibebankan pada pihak penyedia dari barang atau jasa pada penyerahan yang dilakukannya. Dengan kata lain, DPP PPN adalah harga dari sebuah barang atau jasa yang diserahkan.

Apakah DPP sudah termasuk PPN?

DPP Harga Jual Harga jual ini tidak termasuk PPN yang dipungut menurut Undang-Undang (UU) PPN dan potongan harga yang dituliskan pada Faktur Pajak.

PPN 10 persen untuk apa?

Tarif PPN 10% berlaku untuk semua produk yang beredar di dalam negeri, termasuk di daerah Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku undang-undang yang mengatur tentang kepabeanan. Tarif PPN atas barang mewah ditetapkan paling rendah 10% dan paling tinggi 200%.

PPN 10 persen dari tahun berapa?

PPN (Pajak Pertambahan Nilai) merupakan salah satu pajak yang menjadi kewenangan pemerintah pusat PPN merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Tarif PPN ini per 1 April 2022 naik menjadi 11 persen dari sebelumnya 10 persen.

Berapa persen pajak PPN?

Berdasarkan Pasal 7 Undang Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga Atas UU Nomor 8 Tahun 1983 tentang PPN dan PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah), tarif PPN normal di Indonesia yang berlaku adalah 10%.

PPN ditanggung oleh siapa?

PPN dikenakan dan disetorkan oleh pengusaha atau perusahaan yang telah dikukuhkan sebagai PKP. PKP dalam PPN adalah pihak yang wajib menyetor dan melaporkan PPN kepada negara.

Berapa tarif PPN?

Di Indonesia, tarif pembayaran pajak PPN diatur oleh Undang-Undang Dasar No.42, Tahun 2009, pasal 7 yang menyebutkan bahwa: Tarif PPN sebesar 11% untuk penyerahan dalam negeri (Berlaku mulai 1 April 2022) Tarif PPN sebesar 0% untuk ekspor barang kena pajak berwujud maupun tidak berwujud, dan ekspor jasa kena pajak.

Kapan DPP digunakan?

Dasar Pengenaan Pajak digunakan untuk menghitung besarnya PPN terutang, PPnBM terutang, PPh Pasal 22 terutang, PPh Pasal 23 terutang, dan PPh Pasal 4 ayat 2 terutang.

DPP singkatan dari apa?

Apa Itu DPP (Dasar Pengenaan Pajak) DPP merupakan jumlah dari harga jual, penggantian, nilai ekspor, nilai impor atau nilai lainnya yang dapat dipakai sebagai dasar untuk menghitung nilai yang akan menjadi terutang.

Mengapa DPP Dasar Pengenaan Pajak itu penting?

Fungsi dari DPP adalah untuk menentukan cara perhitungannya sehingga setiap wajib pajak bisa mengetahui besaran pajak terutang dalam nominal angka. Dasar Pengenaan Pajak (DPP) mengacu pada penggunaan nilai tertentu dengan tujuan dapat menghitung besaran pajak yang harus dipungut atau pajak terutang.

Apakah 2 juta kena PPN?

Untuk pembelian barang dengan masing-masing nilai transaksi dalam 1 (satu bulan) dengan toko yang sama jumlah transaksi mulai dari Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) maka hanya dikenakan PPN (pajak pertambahan nilai).

Berapa persen pajak PPN 2022?

Berapa Tarif PPN 2022? Sebelumnya, tarif PPN adalah sebesar 10%, yang mana berlaku hingga Maret 2022. Per 1 April 2022 ini, sesuai dengan UU HPP, tarif PPN 2022 yang terbaru adalah sebesar 11%. Sementara itu, ada pula tarif PPN 12% yang direncanakan paling lambat akan diterapkan pada 1 Januari 2025.

Berapa persen pajak PPN dan PPh?

Tarif PPN atas pembelian barang adalah 10% dari nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) atau harga barang itu sendiri. Sedangkan tarif PPh Pasal 22 atas pembelian barang yang dilakukan bendahara pemerintah, BUMN adalah sebesar 1,5% dari harga pembelian tidak termasuk PPN dan tidak final.

Apa saja yg dikenakan PPN?

Sementara itu, tarif PPN sebesar 0% dikenakan atas ekspor BKP Berwujud, ekspor BKP Tidak Berwujud, dan ekspor JKP. Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan atas barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen.

Jasa apa saja yang kena PPN?

Daftar Barang dan Jasa yang Kena PPN 11 Persen, Dicatat Ya!

  1. Aset Kripto. Pengenaan pajak PPN dan PPh atas transaksi perdagangan aset kripto tertuang dalam PMK Nomor 68 Tahun 2022.
  2. 2. Layanan Fintech. ...
  3. 3. Beli Mobil Bekas. ...
  4. Penyaluran LPG Nonsubsidi. ...
  5. Akomodasi Perjalanan Keagamaan. ...
  6. 6. Tarif Paket Internet. ...
  7. 7. Layanan Perbankan.

Kapan harus bayar PPN?

PPN atau PPN dan PPn BM yang terutang dalam satu Masa Pajak, harus disetor paling lama akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya Masa Pajak dan sebelum SPT Masa PPN disampaikan.

Apa komponen komponen dasar pengenaan pajak DPP?

Dalam nilai tersebut, harus pula dimasukkan beberapa komponen berikut: pajak, bea masuk, retribusi dan biaya, tidak termasuk PPN terutang itu sendiri; biaya komisi, biaya pengepakan, biaya transportasi dan asuransi, yang dikenakan kepada konsumen oleh pihak yang menyerahkan barang dan/atau jasa.

Pembelian barang diatas 2 juta kena pajak apa saja?

Belanja barang yang nilai atau harganya di bawah Rp2.000.000 hanya dikenakan PPN. Sedangkan belanja barang yang nilai atau harganya di atas Rp2.000.000 akan dikenakan PPN dan PPh Pasal 22.

11 Cara menghitung dasar pengenaan pajak ppn Images

Pin di Belajar Anak

Pin di Belajar Anak

cik azz Cara nak buat pola atau pelan atau dasar baju kurung  Girls

cik azz Cara nak buat pola atau pelan atau dasar baju kurung Girls

Social Housing by Studio WOK  Community  Architecture concept diagram

Social Housing by Studio WOK Community Architecture concept diagram

Pinterest  The worlds catalog of ideas

Pinterest The worlds catalog of ideas

belajar anak TKSD latihan menghitung angka 1100 puluhan  satuan

belajar anak TKSD latihan menghitung angka 1100 puluhan satuan

Belajar Anak  Urutan Benda  Cupido Creative  Belajar Tema kelas Anak

Belajar Anak Urutan Benda Cupido Creative Belajar Tema kelas Anak

Surat permohonan lawatan pas  Sheet music Surat Floral watercolor

Surat permohonan lawatan pas Sheet music Surat Floral watercolor

belajar anak PAUD TKSD kelas 1  konsep dasar tentang sesudah dan

belajar anak PAUD TKSD kelas 1 konsep dasar tentang sesudah dan

belajar menghitung angka 120 matematika dasar untuk paudtkbalita

belajar menghitung angka 120 matematika dasar untuk paudtkbalita

belajar anak paud kelas 1 SD matematika penjumlahan bilanganangka 1

belajar anak paud kelas 1 SD matematika penjumlahan bilanganangka 1

Post a Comment for "Cara Menghitung Dasar Pengenaan Pajak Ppn"